7.14.2009

tuo :)

Diisalah 1 mall kakak saya tiba2 nyeletuk ketika melewati toko CD.
"Tuo, ada Ari Wibowo!"
"Mana mana?" kemudian tuo masuk ke toko CD tersebut dan mencari sosok Ari Wibowo dengan semangat.

Tuo itu panggilan untuk nenek dalam bahasa Padang.
Sore ini saya dan mama mengajak tuo pergi ke Megaria untuk nonton Garuda di Dadaku.
Tuo berumur 86 tahun. ini pertama kalinya saya nonton bersamanya di bioskop. Kepolosannya sering membuat saya tersenyum, ia sering sekali bertanya ke saya kenapa dia mulai pikun. Tapi semangat hidupnya masih terasa sekali, dia masih senang diajak jalan2 bahkan menikmati malam minggu..dan untuk pertama kalinya saya mendengar dia tertawa lepas ketika menonton film tersebut.

Ada beberapa celetukan dan gerak-geriknya yg membuat saya senyum2sendiri.
Diawali ketika kami memasuki studio 1 megaria."Abiheh*, semustinya mamak bawa senter!" katanya dengan nada keras.
Ketika kami duduk di tempat masing2, tiba2 tuo sibuk sendiri. Ternyata dia sibuk memasang kaos kaki karena kedinginan. Kemudian ia merobek tisu kecil2 dan disumpalkan tisu2 tersebut ke sepasang telinganya. "abis suaranya terlalu keras, hihihi..."
Kemudian beberapa celetukan ala Belanda lainnya yang ngebuat orang2 disamping sampe nengok beberapa kali.

Selesai nonton, mama mampir ke kedai kecil Mpek2 Megaria. Enak loh, 1o ribu/piece tapi gede-gedeee. Sambil nunggu mama ngantri, saya menemani tuo ngobrol diluar kedai.
"Tuo terakhir nonton waktu warna filmnya masih item-putih, trs kayaknya kursinya masih berupa bangku deh kalo g salah.."
terus mulai deh cerita macem2 dengan semangat..

Selama perjalanan pulang, tuo keliatan seneng bgt. tapi filmnya emang bagus ko, hampir semua terlihat natural.acting anak kecilnya natural bgt. seperti film indonesia pd umumnya, di beberapa dialog terasa sekali sisipan berupa kritik2 terhadap Indonesia, tapi menurut saya dialog2nya masih terdengar natural dan ga dipaksakan.
Overall menurut saya ini benar2 film keluarga yang bermutu tapi dikemas dengan sederhana.
Kalau di bioskop udah g ada,tunggu aja akhir tahun atau tahun depan ya. pasti bakal jadi film spesial liburan.



*) Bahasa Belanda yg sampe sekarang saya ga tau artinya apa

1 comment:

Ratu Rizkitasari Saraswati said...

megaria emang asik, hehe. pernah nyobain ayam bakarnya gak, kak? enak lho..